Senin, 16 Mei 2011

SK-KD Bahasa Inggris


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris
A.    Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.

Tingkat literasi mencakup performative, functional,  informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Kompetensi lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.

Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”. Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi. Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.

B.  Tujuan 

Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan  secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                              Mendengarkan
2.                              Berbicara
3.                              Membaca
      4.   Menulis.
      ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran  komunikasi lisan.
D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
 
Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
       Mendengarkan
1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

1.1  Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan  sekolah
1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
      Berbicara
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

2.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
2.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan Shall we …

      Membaca
3.      Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah

3.1  Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2  Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
      Menulis
4.      Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah

4.1     Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
4.2     Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
                 
Kelas V, Semester 2
                  
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah


5.1  Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
      Berbicara
6.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

6.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:  memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

6.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan
6.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: do you mind ... dan Shall we ...

      Membaca
7.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah

7.1  Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima  yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
7.2  Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
       Menulis
8.      Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah

8.1  Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
8.2  Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati

     

2 komentar:

  1. Download SK KD Bahasa Inggris SD Semester 1 dan 2 tahun 2018 format Office Word : https://bit.ly/2GbBcU4

    BalasHapus
  2. Trimakasih....sangat membantu sebagai panduan dalam pembelajaran kami

    BalasHapus