STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
A. Latar Belakang
Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.
Bidang seni rupa, musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
- Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
- Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Menjelaskan makna motif hias |
| | 1.2 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat |
| | 1.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias Nusantara |
| | 2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya |
| | 2.3 | Membuat motif hias dasar jumputan pada kain |
Seni Musik | | ||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara |
| | 3.2 | Menjelaskan makna ansambel sejenis |
| | 3.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis |
| | 4.2 | Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa |
Seni Tari | | ||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain |
| | 5.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 6.2 | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan Memeragakan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan |
Keterampilan | | ||
7. | Mengapresiasi karya kerajinan | 7.1 7.2 | Mendeskripsi kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce |
8. | Membuat karya kerajinan dan benda permainan | 8.1 | Merancang karya kerajinan meronce |
| 8.2 | Membuat karya kerajinan meronce | |
| | 8.3 | Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali |
| | 8.4 | Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali |
Keterangan
Meronce: Teknik membuat benda pakai/hias dari bahan manik-manik, biji-bijian, yang dirangkai dengan benang.
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |||
Seni Rupa | | |||
9. | Mengapresiasi karya seni rupa | 9.1 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |
| | 9.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |
10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 10.1 | Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan | |
| | 10.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya | |
| | 10.3 | Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas | |
| | 10.4 | Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah | |
Seni Musik | | |||
11. | Mengapresiasi karya seni musik | 11.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara | |
| | 11.2 | Menjelaskan makna ansambel gabungan | |
| | 11.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara | |
12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 12.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan | |
| | 12.2 | Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah | |
| | 12.3 | Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | |
Seni Tari | | |||
13 | Mengapresiasi karya seni tari | 13.1 | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain | |
| | 13.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | |
| | 13.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain | |
14. | Mengekspresikan diri melalui seni tari | 14.1 | Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan | |
| | 14.2 | Menyajikan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | |
| | 14.3 | Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari | |
Keterampilan | | |||
15. | Mengapresiasi karya kerajinan | 15.1 15.2 | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | |
16. | Membuat karya kerajinan dan benda permainan | 16.1 | Merancang karya kerajinan makrame | |
| | 16.2 | Membuat karya kerajinan makrame | |
| | 16.3 | Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | |
| | 16.4 | Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali | |
Keterangan
Makrame: Membuat benda pakai/hias dari bahan tali-temali dengan teknik simpul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar